Bughsyan, Wisata Menawan di Yaman

Diposting pada

Yaman – Selain terkenal dengan khazanah ilmu dan sejarah yang melimpah ruah, negeri Ratu Balqis ini juga menyimpan sejuta keindahan. Salah satunya adalah Bughsyan yang terletak di Dau’an, salah satu lembah di Hadhramaut, provinsi terbesar di Republik Yaman.

Bugsyan adalah salah satu ekopariwisata yang terletak di distrik Haidul Jazil, puncak salah satu bukit di lembah Dau’an, lembah yang terletak sekitar empat jam perjalanan dari kota Tarim.

Belakangan ini, wisata Bugsyan mulai dikenal masyarakat Yaman, bahkan pelancong mancanegara. Hal ini disebabkan keindahan panaroma yang menghiasi alam Bughsyan sungguh menarik untuk dikunjungi dan dinikmati.

Untuk menikmati indahnya alam Bugsyan, pengunjung terlebih dahulu harus melewati serentetan gunung gundul yang melambung tinggi dan zig-zag dengan jalan aspal yang diapit oleh dua belahan gunung tandus.

Ketika memasuki komplek losmen, pelancong akan disuguhi dengan gerbang yang terbangun dari kayu berwarna cokelat dengan desain khas Yaman, layaknya gerbang kerajaan zaman dahulu. Dan kemudian disapa oleh sebuah gedung raisi (pusat) sebagai tempat administrasi wisata Bughsyan.

Di area komplek tersebut terdapat puluhan losmen yang bertaburan di sepanjang belahan komplek. Uniknya, losmen tersebut terbuat dari tanah liat serta campuran seretan potongan-potongan kayu kecil yang melambangkan seni arsitektur zaman dahulu yang masih dijaga.

Setiap bangunan losmen terdiri dari dua kamar atau lebih. Losmen ini memberi warna khas sebagai magnet yang menarik perhatian pelancong untuk menunjunginya.

Berbagai macam fasilitas tersedia di area komplek, mulai dari ruang penginapan, ruang administrasi, museum kecil sebagai ruang penyimpanan barang sejarah, kios, kolam renang, hingga taman mainan anak-anak.

Di samping ruang administrasi terdapat satu museum kecil. Di dalamnya terdapat banyak benda-benda sejarah Hadhramaut zaman dahulu, seperti pedang dan perlengkapan perang lainnya, pernak-pernik perabotan rumah tangga masyarakat Hadhramaut zaman dahulu beserta benda-benda history lainnya.

Tidak jauh di arah belakang losmen, terdapat kolam renang yang berbentuk persegi empat dengan ukuran tidak terlalu luas.

Bugsyan dihiasi oleh sejuta nilai keindahan, mulai dari bangunan- bangunannya yang ortodok dan konvensional, halamannya dilapisi batako khas Hadhramaut, swimming pool (kolam renang) yang berkonfigurasi kubus, dipagari oleh tembok besar layaknya tembok raksasa Cina, diapit oleh gunung dan lembah dari semua arah.

Dari atas ketinggian, pengunjung bisa melihat bangunan-bangunan dan pasir putih yang bertaburan di bawah. Selain itu, pengunjung juga akan melihat pepohonan yang menghampar dan mobil di jalan yang terlihat sangat kecil bagaikan mobil-mobil mainan. Berada di puncak tersebut, pengunjung seperti sedang berada di dunia yang berbeda.

Begitulah keindahan alam Bughsyan yang berada di wilayah Hadhramaut, Yaman. Sekian!

Oleh: Yunalis Abdul Gani B.Sc

—————————————————————————-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *